Selasa, 21 Maret 2017



PRINSIP-PRINSIP AKUNTANSI
Kerangka Konseptual Akuntansi

Prinsip-prinsip akuntansi bisa mengalami perubahan seiring berjalannya waktu, perubahan ling. Bisnis dan kebutuhan informasi akuntansi.

Tujuan-tujuan laporan keuangan
1.      Berguna untuk membuat keputusan investasi dan kredit
2.      Membantu memperkirakan arus kas di masa depan.
3.      Mengidentifikasi asset dan kewajiban yang telah digunakan oleh suatu perusahaan tersebut.
Karakteristik-karakteristik informasi akuntansi
1.      Relevansi : informasi yang memiliki nilai prediktif. Untuk memperbaiki dan menguatkan ekspektasi sebelumnya.
2.      Dapat diandalkan : informasi terbatas dari kesalahan dan prasangka dapat di buktikan apa adanya sesuai dengan fakta atau bisa disebut dengan realibilty(tepat waktu)
3.      Dapat dibandingkan : informasi didalam perusahaan dikatakan berguna ketika dibandingkan dengan informasi perusahaan lain yang mengunakan prinsip akuntansi.
4.      Konsistensi : perusahaan yang menggunakan prinsip-prinsip metode akuntansi yang sama dari tahun ke tahun.

Elemen-elemen akuntansi
Kewajiban, pendapatan, beban, ekuitas dan harga.

Asumsi-asumsi akuntansi
1.      Asumsi unit moneter
Suatu aktivitas ekonomi dinyatakan dalam satuan moneter(satuan uang) karena uang di anggap paling stabil.
2.      Asumsi entitas ekonomi
Bahwa aktivitas ekonomi sebagai unit pertanggung jawaban sendiri.
3.    Asumsi periode waktu
    Dapat sebagai menjadi periode-periode waktu buatan
4.    Asumsi kelangsungan usaha

Prinsip-prinsip akuntansi
1.    Prinsip pengakuan pendapatan
Pendapatan dapat diakui ketika ada aliran masuk harta yang terjadi pada satu periode tersebut.
-         Metode presentase penyelesaian
-        Angsuran
2.      Prinsip penandingan
Diikatkan dengan pendapatan pada suatu periode.
3.      Prinsip pengakuan penuh
      Memasukan semua informasi ke dalam lap. Keuangan
4.      Prinsip biaya
Bahwa aset kewajiban harus dicatat pada biayanya perolehannya.

Contoh soal
1.         Dunlop company memiliki penjualan secara kredit sebesar $1.000.000 pada tahun pertama operasinya. Harga pokok penjualannya sebesai $650.000. Dunlop memperoleh $500.000 pada penjualan kredit. Menggunakan metode angsuran, berapakah laba kotor yang harus diakuti pada tahun pertama?

Dik :
Penjualan kredit                         = $1.000.000
Hpp                                            = $650.000
Perolehan kas dari pelanggan     = $500.000

Dit :
Laba kotor?

Jawab :
Estimasi biaya total        = $1.000.000-650.000
                                       = 350.000
Presentase                      = 1.000.000:350.000
= 2,8 x 100% = 28 %
Laba kotor                      = 500.000 x 28 %
=140.000

2.         Spartan construction company memiliki total pendapatan senilai $230 juta untuk membangun sebuah jembatan. Total estimasi biaya untuk proyek sebesat $170 juta. Biaya yang dikeluarkan pada tahun pertama proyek sebesar $34 juta. Spartan menggunakan metode persentase penyelesaian dengan tepat. Berapa banyak pendapatan dan laba kotor yang harus diakui Spartan pada tahun pertama proyek?
                                            
Dik :
Total pendapatan             = $230 juta
Total estimasi biaya         = $170 juta
Biaya yang dikeluarkan   = $34 juta

Dit :
Berapa banyak pendapatan yang diakui laba kotor?

Jawaban :
Presentase penyelesaian biaya yang dikeluarkan :
Total estimasi biaya x 100%
34.000.000:170.000.000x100%
=0,2 x 100%
=20%
Pendapatan yang diakui : presentase x total pendapatan
= 20% x 250.000,00
=$46.000.000
Laba kotor :
pendapatan diakui – biaya dikeluarkan
=46.000.000-34.000.000
=12.000.000










Tidak ada komentar:

Posting Komentar